Inilah 9 Fitur Terbaru dan Kelebihan iOS 13 pada iPhone

0
105
Kelebihan iOS 13
https://technologygist.com/

Saat baru dirilis, banyak para pengguna smartphone yang penasaran akan kelebihan dari iOS 13. Apa sih iOS 13 itu? iOS 13 merupakan pembaruan besar, dimana terdapat dua perubahan besar iOS 13 yang akan mengubah cara anda dalam menggunakan iPhone.

Dirilis sejak Juni 2019, iOS 13 dalam sistem terbarunya ini telah menggunakan peningkatan-peningkatan serta fitur terbaru yang lebih canggih dan menarik. Bahkan Apple juga telah menyelenggarakan ajang WWDC, dimana acara tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan berbagai jenis hardware hingga software.

Perlu anda ketahui bahwa Apple telah membawa pembaruan yang sangat berbeda dari iOS pada waktu 12 tahun lalu, yang dibangun berdasarkan peningkatan kinerja. Nah, melalui iOS 13 ini, Apple telah memikirkan secara matang seberapa banyak pengguna smartphone menggunakan produk mereka.

Dengan kehadiran fitur terbaru dari iOS 13 ini seperti fitur mode gelap, Apple maps, foto atau bahkan pengingat, membuat Apple menjadi incaran banyak pengguna smartphone canggih. Selain itu, tak luput juga dengan penambahan yang sudah dinanti sejak lama yaitu seperti swiping keyboard dan peningkatan UI.

Kelebihan iOS 13
https://okezone.com/

Versi terbaru dari iOS 13 ini pun juga telah menjadi bagian dari ajang tersebut. Nah, apakah anda sudah penasaran akan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh iOS 13 ini? Berikut akan kami berikan review lengkapnya dalam artikel kali ini. Simak baik-baik ya.

Jika anda termasuk salah satu penggemar dari ponsel iOS, maka anda wajib mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan iOS 13. Berikut beberapa kelebihan iOS 13.

1. Memiliki Fitur Dark Mode

Saat baru dirilis, akhirnya Apple mengahdirkan fitur dark mode atau yang dikenal dengan mode gelap. Fitur ini diciptakan tak lain adalah untuk mengejar ketinggalan dari seri OS yang lain. Ya, seperti yang sudah anda ketahui, bahwa suddah sejak lama telah banyak perusahaan yang mengembangkan proyek ini. Walaupun Apple baru dimulai, tapi hal ini telah menjadi satu langlah yang menarik.

Fitur dark mode atau mode gelap ini sangat ideal jika anda gunakan saat kondisi cahaya rendah. Nah, pada beberapa ponsel  dengan layar OLED ini juga akan memudahan tekanan pada baterai. Sebagian pengguna smartphone ini juga akan berpikir bahwa menggunakan layar yang bertemakan gelap juga terlihat keren daripada biasanya.

Dengan latar belakang yang benar-benar gelap atau berwarna hitam, dan bukan abu-abu yang sangat gelap, menjadikan perangkat iPhone X atau XS terlihat sangat bagus pada panel OLED. Berbeda dengan Google, dimana mereka masih belum merilis untu versi gelap pada semua aplikasi pihak pertama. Walaupun fitur dark mode pada Android 10 telah dirilis, akan teapi Apple telah berhasil mendukung dark mode di semua aplikasinya, terutama untuk iOS 13.

2. Sign in with Apple

Hal lain yang menjadi kelebihan dari iOS 13 adalah dengan kehadiran mode login yang baru. Seringkali privasi menjadi permasalahan yang diangkat oleh kebanyakan perusahaan. Nah, untuk fokus hal ini, maka Apple sudah meluncurka mode login terbarunya, yaitu dengan sign in with apple untuk mode iOS 13 ini.

Fitur yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk masuk ke aplikasi hanya dengan menekan tombol login with Apple. Untuk fitur otentikasi ini mendukung faceID. Ya, cara tersebut memang mirip seperti login menggunakan Google atau login with Facebook. Pada perangkat Google, biasanya anda akan diminta untuk sign in ke berbagai aplikasi atau kebutuhan log-in lainnya. Autentifikasi pada perangkat Apple ini dulunya tidaklah semudh menggunakan Google Account. Akan tetapi, sejak kehadiran iOS 13 ini, anda tidak perlu mengulang sign in sebelum masuk ke fitur yang anda inginkan.

3. Aplikasi Maps

Selanjutnya, kelebihan iOS 13 ini juga karena kehadiran aplikasi maps, dimana ini menjadi fitur yang disematkan di iOS 13. Dapat dikatakan bahwa aplikasi maps ini merupakan fitur yang baru diusung dalam perangkat iOS 13 yang menajdikan salah satu kelebihannya. Para pengguna Apple membawa fitur favorit yang bisa digunakan oleh para pengguna untuk menyimpan berbagai spot mereka. Selain itu, Apple juga menyematkan tombol teropong yang memiliki fungsi layaknya Street View di Google Maps.

Fitur Google Street View ini memungkinkan para pengguna dapat melihat-lihat lokasi dunia nyata, wlaupun hal itu tidak sekomprehensif versi Google. Ya, Apple juga memiliki standar baru untuk peta dasarnya, dimana peta tersebut lebih akurat serta memiliki data yang lebih baik untuk hal-hal seperti jalan, pantai, taman, bangunan dan lain sebagainya.

4. Slider Volume Baru

Apple juga menghadirkan iOS 13 dengan slider volume baru, dimana Apple tidak lagi menggunakan slider yang sebelumnya.

5. Insights Mengenai Aplikasi Pelacak

Selain itu, Appple tidak hanya menghadirkan pembatasan akses lokasi di berbagai jenis aplikasi, iOS 13 ini juga menghadirkan berbagai informasi peta-peta yang dilacak oleh aplikasi-aplikasi secara berkala.

6. Smart Battery Charging

Smart battery charging, adalah salah satu fitur dimana jika digunakan pada perangkat iPhone tidak akan mengisi baterai sampai 100 %, melainkan cukup 80 % saja. Nah, sedangkan 20 % akan diisi sebelum pengguna mencabut colokan charger. Hal ini bertujuan tak lain adalah untuk menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna.

7. Memutar Lagu (Podcast) dengan Siri

Dengan kehadiran iOS 13 ini, anda bisa memutar musik secara mudah walaupun anda sedang membuka aplikasi lainnya. Sebab, pengguna dapat memerintahkan Siri untuk memutar musik tanpa anda harus membuka aplikasi musik tersebut. Terlebih, juga sudah terdapat Apple Music, yang mana aplikasi ini merupakan perombakan dari Apple. Pada aplikasi ini terdapat  beberapa fitur baru seperti tombol khusus untuk lirik lagu dan melihat lagu apa yang akan diputar selanjutnya. Canggih sekali bukan ?

8. Fitur Reading Goals

iOS 13 juga hadir dengan fitur reading goalsnya, yang mana fitur ini dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan apa yang mereka baca. Ya, karena membaca merupakan hal penting, maka Apple menghadirkan fitur yang satu ini untuk membantu pengguna menyelesaikan bacaannya. Oh ya, Apple meluncurkan fitur reading goals yang dapat anda gunakan untuk membaca buku ataupun sekedar mendengarkan audiobook.

9. Menutup Tab di Safari Secara Otomatis

Dengan kehadiran manajemen fitur tab di Safari mungkin bagi sebagain pengguna iOS merupakan sesuatu yang menganggu. Namun, untuk iOS 13 ini para pengguna dapat menutupnya secara otomatis dan berkala, baik itu harian, minggguan bahkan bulanan

Itulah kesembilan hal yang merupakan kelebihan dari iOS 13. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya tentu membuat para pengguna semakin nyaman dalam mengggunakan ponselnya. Bagiamana ? Apakah anda tertarik untuk menggunakan iOS 13 yang satu ini ?

Sayangnya, bagaimanapun sempurnanya sebuah smartphone, tentu tidak terlepas dari kelemahan yang dimilikinya. Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh iOS 13, rupanya iOS ini memiliki beberapa kekurangan sistem operasi terbaru dari Apple ini. Bagi pengguna iOS 13 ini juga diharuskan berhati-hati dalam menggunakannya, sebab iOS 13 masih memiliki beberapa kelemahan yang harus segera diperbaiki. Lantas, apa sajakah kelemahan tersebut ?

Kelemahan yang dimiliki oleh iOS 13 ini yaitu terdapat banyak aplikasi serta layanan yang dijalankan pada iOS 12, namun kini tidak lagi bisa digunakan pada iOS 13. Nah, bagi sebagain orang hal ini dianggap merugikan bagi yang ingin melakukan upgrade namun tetap ingin menikmati aplikasi atau layanan yang tersedia pada versi OS sebelumnya. Selain itu, iOS 13 ini juga tidak dapat digunakan untuk generasi yang lebih lawas. Padahal, mungkin banyak para pengguna iPhone generasi lama yang ingin melakukan upgrade smartphone mereka ke dalam iOS 13.

Nah, itulah review mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan iOS 13. Bagaimana, Apakah anda masih tertarik dengan iOS 13?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here