Apa itu Drone? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh

0
236
Pengertian Drone
unsplash.com

Saat ini, teknologi drone menjadi teknologi yang sudah sangat sering ditemui oleh manusia. Di berbagai bidang, manusia sudah memanfaatkan teknologi drone dengan sebaik mungkin. Namun, tak sedikit juga yang masih belum mengetahui tentang teknologi ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui sedikit tentang drone, berikut ulasannya untuk Anda.

Pengertian Drone

Drone atau sering disebut pesawat tanpa awak adalah sebuah pesawat dengan teknologi canggih yang mampu mengudara tanpa ada pilot yang mengendalikannya. Peran pilot digantikan oleh orang yang mengendalikan dengan menggunakan remote control dari bawah.

Dengan teknologi demikian, drone seringkali dimanfaatkan dalam kegiatan militer. Hal-hal yang berhubungan dengan resiko tinggi terhadap nyawa manusia biasanya akan menggunakan drone. Namun, drone kini pun sudah sering digunakan secara komersial.

Drone sudah banyak dijual di pasaran dan seringkali menjadi barang yang sudah familiar dengan kehidupan manusia sehari-hari. Drone seringkali digunakan hanya sebagai hobi atau bahkan banyak membantu kehidupan manusia.

Drone untuk komersial biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan drone yang digunakan dalam militer. Hal ini membuat drone mudah dibawa kemana-mana untuk kepentingan rekreasi maupun pekerjaan tertentu.

Sementara itu, drone khusus militer biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dan dilengkapi dengan berbagai teknologi persenjataan untuk menyerang musuh dan bertahan dari musuh.

Masih banyak lagi berbagai jenis drone, bukan hanya drone militer maupun komersial saja. Banyak hal yang perlu diketahu tentang drone, apa saja itu? Berikut sedikit ulasannya untuk Anda.

Fungsi dan Manfaat Drone

Fungsi Drone
kongsberggeospatial.com

Drone mampu difungsikan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang. Berikut fungsi dan manfaat drone dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari.

1. Pemantau Badai

Salah satu fungsi drone adalah untuk menjangkau wilayah yang tak terjangkau namun ada data yang harus diambil untuk penelitian dari wilayah itu. Salah satu contohnya adalah lembaga antariksa NASA (The National Aeronautics and Space Administration) yang menggunakan drone untuk memantau perkembangan badai.

2. Pelengkap Kebutuhan Fotografi

Drone juga digunakan oleh para fotografer dan jurnalis untuk mengambil foto maupun video dari sudut yang tidak dapat mereka jangkau. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal dan bagus.

3. Pemetaan Lokasi

Salah satu kemampuan drone yang sangat hebat adalah mampu mengambil gambar atau foto dari udara dengan kualitas tinggi. Hal ini bisa membantu dalam hal pemetaan lokasi atau daerah tertentu. Selain itu, drone juga bisa mencitrakan gambar baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Hal ini bisa membantu dalam penelitian terutama berkaitan dengan lingkungan.

4. Membantu Jurnalis

Dengan adanya teknologi drone ini pun sangat membantu kerja jurnalis, terutama jurnalis yang memiliki tugas untuk update tentang kondisi lalu lintas. Dulu tugas ini dilaksanakan dengan menggunakan helikopter, namun dirasa kurang efisien.

5. Membantu Tim Sar

Tim SAR pun juga sangat terbantu dengan adanya teknologi drone ini. Mereka bisa memantau adakah korban dalam suatu bencana, memantau daerah yang terisolir karena bencana, dan mengantarkan bantuan kepada korban yang terisolir melalui jalur darat dengan jumlah yang terbatas tentunya.

Jenis-jenis Drone

Jenis-jenis Drone
medium.com

Ada beberapa jenis drone yang sudah diciptakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari manusia saat ini. Berikut jenis-jenis drone yang ada:

  1. Quadcopter
  2. GPS Drone
  3. RTF Drone
  4. Trick Drone
  5. Helicopter Drone
  6. Delivery Drone
  7. Photography Drone
  8. Racing Drone

Contoh-contoh Drone

Dari berbagai jenis drone di atas, ada beberapa contoh drone yang saat ini digunakan oleh berbagai pihak. Apa saja itu? Berikut beberapa contoh drone yang bisa diketahui.

1. Syma RC Quadcopter X8G

Drone tipe ini merupakan salah satu drone yang memiliki harga relatif murah dan terjangkau. Selain itu, drone ini memiliki spesifikasi cukup baik, yaitu memiliki kamera sebesar 5 megapixel. Syma RC Quadcopter X8G juga bisa mengambil video dengan kualitas ukuran 1080 pixel.

2. Wltoys Drones V686G FPV

Drone ini merupakan drone kamera yang memiliki kamera 2 megapixel dengan fitur pendukung built in. Selain itu, drone ini bisa terbang selama 8 menit dengan jarak terbang yang dimiliki 150 meter.

3. Cheerson CX 20

Salah satu fitur unggulan yang ada di drone ini merupakan fitur GPS yang membuat drone ini mudah untuk dikendalikan. Drone ini mampu diterbangkan dengan jarak 300 meter dengan waktu sekitar 15 menit.

4. Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition

Drone ini mampu dikendalikan dalam jarak 40 meter dengan lama terbang kira-kira selama 10 menit mengudara.

5. Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV

Drone yang ini bisa dikatakan paling canggih di antara drone-drone sebelumnya. Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV mampu diterbangkan dengan jarak 40 km per jam atau 1000 meter. Kamera yang dipasang di drone ini merupakan built in dengan kualitas HD 800 TVL. Drone ini juga melakukan siaran video langsung dengan frekuensi 5,8 GHz. Baterai yang dimiliki berkapsitas 11,1 volt/2200 mAh dengan lama terbang 12 menit.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai pengertian drone, fungsi dan manfaat, jenis, serta contoh-contoh drone. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here