Laptop atau Komputer Jinjing: Sejarah, Fungsi, dan Komponennya

0
308
Laptop Masa Kini
techradar.com

Laptop atau komputer jinjing saat ini seolah sudah seperti menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Segala hal dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan menggunakan laptop. Mulai dari pekerjaan yang berhubungan dengan administrasi, desain grafis, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Pengertian Laptop

Pengertian Laptop
laptopmain.com

Sesuai namanya, laptop merupakan komputer pribadi yang mudah dibawa kemana-mana. Secara bahasa sendiri laptop memiliki arti “atas pangkuan”. Namun, tahukah Anda laptop yang kita kenal saat ini telah melalui perjalanan yang sangat panjang.

Berikut artikel ini akan mengulas secara singkat mengenai sejarah, fungsi, dan komponen-komponen laptop untuk Anda.

Sejarah dan Perkembangannya Laptop

Sejarah laptop diawali oleh seorang ilmuwan komputer yang berasal dari Amerika bernama Alan Kay. Beliau lah yang mencetuskan ide awal membuat laptop. Dibantu oleh rekannya bernama Adam Osborne yang juga seorang publisher software yang bekerja di penerbitan buku di Amerika, mereka bersama-sama menciptakan sebuah komputer mini yang bisa dibawa kemana-mana bernama laptop.

Seperti teknologi pada umumnya, laptop untuk mencapai bentuk dan spesifikasi seperti saat ini melalui proses yang panjang, mulai dari paling sederhana hingga bisa menjadi laptop yang canggih dan serba bisa seperti saat ini. Berikut sedikit penjelasan mengenai perkembangan laptop dari waktu ke waktu.

1. IBM Portable PC 5100 tahun 1975

IBM Portable PC 5100 tahun 1975
https://my-viria.blogspot.com/

IBM Portable PC 5100 ini merupakan komputer portabel pertama yang dikeluarkan oleh IBM. Komputer portabel ini merupakan pengembangan dari purwarupa Special Computer APL Machine Portable (SCAMP) ciptaan Dr. Paul Friedl beserta rekan timnya di tempat IBM Los Gatos Scientific Center saat tahun 1973. IBM Portable PC 5100 ini memang didesain khusus untuk kebutuhan engineering dan ahli matematika.

2. Rockwell AIM 65 tahun 1977

Setelah IBM mengeluarkan komputer portabel mereka, Rockwell turut mengeluarkan komputer portabel selanjutnya yang diberi nama Rockwell AIM 65. Komputer portabel ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan milik IBM sebelumnya. Rockwell AIM 65 sudah memiliki layar, papan ketik, serta hard copy printer. Selain itu, Rockwell AIM 65 juga sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi, seperti penerjemah dasar, pascal, FORT, dan sebagainya. Komputer portabel ini menggunakan prosesor mikro MOS Teknologi 6502.

3. IBM Portable PC 5110 tahun 1978

IBM mulai mengembangkan produk komputer portabel mereka yang sebelumnya. Kali ini, mereka mengembangkannya menjadi versi baru, yaitu IBM Portable PC 5110. Komputer portabel ini digunakan untuk kepentingan bisnis. Selain itu, versi ini memiliki keunggulan yang lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu sudah memiliki dukungan ke berbagai perangkat input output seperti IEEE488 dan Disk Floppy. Prosesor yang digunakan adalah IBM PALM Prosesor.

4. Heathkit H89 tahun 1979

Komputer portabel ini dirilis oleh perusahaan Heath Comp. Komputer portabel jenis ini sudah menggunakan microprocessor Zilog Z80. Selain itu, di versi ini juga sudah terdapat monitor jenis MTR88 di bagian ROM (Read Only Memory).

5. Osborne 1 tahun 1981

Komputer versi ini mungkin yang bisa disebut sebagai benar-benar komputer portabel. Komputer portabel yang diproduksi oleh Osborne Coputer Corporation ini memiliki sistem operasi CP/M 2.2, prosesor mikro Zilog Z80 4.0 MHz, dan 2 buah disk drive sebagai floppy-disk dengan berat 10 kg.

6. Gavilan SC tahun 1983

Komputer ini merupakan komputer portabel pertama yang dikenalkan dengan nama “laptop”. Laptop ini memiliki spesifikasi microprocessor Intel 8088 5 MHz berbasis GUI (graphic user interface), media penyimpanan floppy, monitor LCD (400×64 piksel), touchpad, dan selainnya. Laptop yang dirilis bulan Mei 1983 ini dikembangkan oleh Manuel Fernandez.

7. Compact SLT 289 tahun 1984-1988

Komputer portabel keluaran Compaq ini merupakan laptop pertama yang bisa dibawa dalam penerbangan karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.  Laptop Compaq SLT 289 ini memiliki spesifikasi layar VGA analog standar yang mampu memberikan hasil tampilan lebih cerah dan resolusi tinggi. Selain itu, laptop ini juga memiliki prosesor 8oC286 12 MHz, harddisk drive 20MB, 1,44MB floppy disk, dan keyboard yang bisa dilepas dari badan laptop dengan berat 6,3 kg.

8. Minisport tahun 1989

Laptop ini merupakan keluaran dari perusahaan Zenith Data System. Laptop ini memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu 2,7 kg. Spesifikasi laptop yang diluncurkan pada Juli 1989 ini memiliki spesifikasi Intel 8oC88 (CPU) @ 4,77 8MHz, resolusi layar 640×200 px, dan internal 2 inc floppy disk. Minisport dirilis dengan dua model, yaitu ZL-1 (RAM 1MB) dan ZL-2 (RAM 2MB).

9. Macintosh Portable tahun 1989

Machintosh Portable
https://www.engadget.com/

Macintosh Portable dirilis oleh Apple Inc. berbarengan dengan diriliskan Minisport dari ZDS. Laptop seberat 7,2 kg ini memiliki spesifikasi prosesor 16MHz 68000CPU, double sided disk floppy, dan layar 640×400 px 9,8 inc. Laptop ini dipasarkan mulai September 1989 hingga Oktober 1991.

10. Toughbooks tahun 1996-2003

Laptop yang merupakan hasil kerja sama antara Panasonic dengan Intel ini dikeluarkan dengan tipe Toughbooks CF-25. Laptop ini memiliki kelebihan dibandingkan generasi laptop sebelumnya, yaitu ketahanan fisik sekalipun dijatuhkan dari ketinggian 70cm. Selain itu, laptop ini juga tahan dengan kondisi cukup ekstrem, seperti cuaca, udara lembap, debu, tumpahan cairan tertentu, dan penggunaan yang kasar.

11. Laptop Masa Kini (2003-sekarang)

Laptop Masa Kini
techradar.com

Laptop yang kita kenal saat ini merupakan hasil perkembangan yang sangat luar biasa dari sebuah teknologi. Laptop yang kita kenal saat ini bahkan berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Banyak dari laptop yang ada saat ini memiliki ukuran kecil, bobot ringa, namun spesifikasi yang sangat canggih. Selain itu, laptop saat ini sangat banyak membantu di berbagai lini kehidupan manusia.

Fungsi-fungsi pada Laptop

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya pada bagian penjelasan singkat mengenai sejarah bahwa laptop masa kini sangat banyak membantu di berbagai lini kehidupan manusia. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh manusia dengan menggunakan laptop. Berikut beberapa fungsi laptop yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kehidupan manusia.

1. Sebagai sarana komunikasi

Laptop bisa digunakan sebagai sarana komunikasi dengan cara menyambungkan ke internet dan menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Skype, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi.

2. Sebagai alat pencari informasi

Laptop bisa digunakan sebagai alat pencari informasi dengan menyambungkannya ke internet. Setelah itu, bisa menggunakan mesin pencari seperti Google, Baidu, dan selainnya.

3. Sebagai media hiburan dan refreshing

Konten hiburan dan refreshing yang bisa ditambahkan ke laptop sangat lah banyak. Mulai dari film, musik, hingga game. Aplikasi yang digunakan untuk memaksimalkan konten tersebut pun banyak dan sudah bisa diunduh bebas di internet.

4. Memudahkan berbagai pekerjaan kantor

Berbagai pekerjaan kantor pun bisa dengan mudah diselesaikan berkat bantuan laptop. Mulai dari mengetik teks, membuat presentasi, hingga membuat laporan keuangan semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang terinstal di laptop.

5. Desain grafis

Para desainer grafis yang saat ini menjadi pekerjaan yang cukup banyak dicari juga bisa menggunakan laptop sebagai alatnya. Aplikasi desain grafis, baik visual maupun audio visual, sudah sangat banyak, seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Adobe Indesign, Corel Draw, Vegas, dan masih banyak lagi.

6. Tempat penyimpanan data

Seperti awal kali komputer diciptakan, fungsi penyimpanan data senantiasa dikembangkan oleh masing-masing perusahaan pemroduksi laptop. Memori yang semakin lama semakin diperbesar memang sangat menunjang laptop sebagai sarana penyimpanan data.

7. Membuat program/aplikasi/website

Bagi programmer saat ini sudah sangat bisa membuat program. Aplikasi, maupun website dengan menggunakan laptop. Sudah banyak sekali aplikasi pemrograman yang sudah bisa digunakan oleh para programmer saat ini.

Komponen-komponen Laptop

Komponen Laptop
https://www.theverge.com/

Seperti halnya komputer, laptop memiliki komponen yang hampir mirip dengan suadara tuanya ini hanya saja berukuran lebih kecil. Berikut sedikit ulasan tentang komponen-komponen laptop.

1. Casing

Bagian laptop yang berfungsi untuk melindungi semua perangkat keras yang ada dalam laptop dan tempat pemasangan semua perangkat laptop, seperti mainboard, LCD, dan lain sebagainya.

2. Mainboard

Bagian yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang perangkat dan periferal utama, seperti processor, chipset, VCA card, dan lain sebagainya yang mendukung kinerja laptop.

3. LCD

LCD berfungsi untuk menampilkan hasil proses kerja yang ada dalam laptop, baik berupa teks, visual, maupun audio visual.

4. Processor

Processor merupakan otak dari laptop. Segala aktivitas yang dilakukan sebelum dikeluarkan dalam bentuk output melalui perangkat keras akan diolah terlebih dahulu di dalam processor.

5. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat input yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, maupun simbol yang nantinya akan diolah dalam berbagai aplikasi pengolah data.

6. Touchpad

Perangkat ini merupakan perangkat input pengganti mouse pada PC. Touchpad akan menggerakkan pointer pada layar LCD yang berfungsi untuk berbagai hal.

7. RAM

RAM merupakan perangkat memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara sebelum disimpan secara permanen. Semakin besar kapasitas RAM akan semakin mempercepat kinerja laptop.

8. Hardidsk

Perangkat ini merupakan memori penyimpan data permanen. Data tidak akan terhapus apabila penggunanya tidak menghapus secara sengaja. Kapasitas harddisk saat ini sudah bisa mencapai lebih dera 1TB.

9. DVD Room

Perangkat ini berfungsi untuk membaca informasi dari CD dan melakukan aktivitas burning CD. Namun, tidak semua laptop dilengkapi dengan perangkat ini.

10. Wireless card

Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan laptop ke internet dengan cara menangkap sinyal dari Acces Point atau perangkat lain tanpa menggunakan kabel.

11. Fan/ Kipas

Kipas berfungsi untuk mendinginkan perangkat laptop terutama bagian prosesor agar tetap terjaga suhunya sehingga tidak mengakibatkan gangguan yang berarti selama laptop bekerja.

12. Baterai

Bagian ini merupakan penyimpan daya bagi laptop selama laptop tidak terhubung dengan sumber listrik. Daya dalam baterai bisa digunakan 6-8 jam tergantung penggunaannya.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai sejarah, fungsi, dan komponen-komponen pada laptop. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here