Media Sosial: Fungsi, Tujuan, dan Jenis Media Sosial

0
100
Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli
https://www.mediaweek.com.au/

Ada yang kenal dengan Instagram? Facebook? Reddit? Atau mungkin Path? Ya, semua platform itu sering kita sebut sebagai media sosial. Namun, apa media sosial itu? Media sosial adalah platform berbasis web yang memiliki tujuan utama untuk menghubungkan orang-orang secara sosial tanpa harus bertemu secara langsung di dunia nyata.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Para ahli sendiri memberikan pendapat mereka mengenai pengertian tentang media sosial. Berikut beberapa pendapat para ahli.

1. Philip Kotler dan Kevin Keller

Kotler dan Keller menafsirkan media sosial merupakan fasilitas yang disediakan untuk konsumen sebagai sarana berbagi data berupa teks, foto, video, dan audio baik dengan sesama konsumen maupun dengan perusahaan.

2. Marjorie Clayman

Marjorie Clayman menjelaskan bahwa media sosial merupakan alat pemasaran baru yang membolehkan untuk mengetahui pelanggan serta calon pelanggan dengan metode yang sebelumnya tidak mungkin.

3. Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien memberikan pengertian bahwa media sosial merupakan kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibentuk dengan dasar- dasar ideologis Website 2. 0 (yang ialah platform dari evolusi media sosial) yang membolehkan terbentuknya penciptaan serta pertukaran dari User Generated Content.

4. Michael Cross

Michael Cross memiliki pemahaman bahwa media sosial merupakan suatu sebutan yang menggambarkan beragam kecanggihan teknologi yang dipakai suntukĀ  memadu orang- orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar data, serta berhubungan lewat isi pesan yang berbasis website.

5. Chris Brogan

Chris Brogan mengutarakan pemahamannya tentang media sosial adalah seperangkat media komunikasi dan kolaborasi baru yang muncul untuk memungkinkan berbagai jenis interaksi terwujud yang sebelumnya tidak terjadi bagi kebanyakan orang.

6. Terry

Terry mengutarakan pemahamannya tentang media sosial adalah media komunikasi berbasis internet yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten secara bersama yang berbeda dengan media cetak maupun siaran konvensional.

7. Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba

Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba mengutarakan pemahamannya tentang media sosial adalah situs jejaring sosial berbasis web yang memberi kesempatan bagi individu untuk membuat profil publik maupun semipublik. Diatur dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat serta menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan sistem tertentu.

8. Lisa Buyer

Lisa Buyer mengutarakan pemahamannya tentang media sosial adalah suatu kumpulan masyarakat virtual yang berhubungan satu sama lain dan merupakan hubungan yang paling transparan, menarik, dan interaktif saat ini.

9. Antony Mayfield (2008)

Antony Mayfield mengutarakan pemahamannya tentang media sosial adalah media memungkinkan antarpengguna untuk berpartisipasi, membuat dan berbagi peran, seperti pada blog, social network, ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D).

10. Mark Hopkins (2008)

Mark Hopkins mengutarakan pemahamannya tentang media sosial adalah tidak hanya berupa platform yang baru saja muncul melainkan juga platform yang biasa disebut sebagai jejaring sosial, seperti FriendFeed dan Facebook. Intinya berbagai platform media yang memiliki komponen sosial dan media komunikasi publik bisa disebut sebagai media sosial.

Apa Fungsi Media Sosial?

Sebelumnya kita sudah mengetahui apa itu media sosial. Beberapa pengertian para ahli sudah sedikit dijabarkan pada poin sebelumnya. Lalu, kita perlu mengetahui fungsi dari media sosial itu sendiri agar kita bisa menggunakan media sesuai dengan fungsi yang seharusnya. Berikut fungsi media sosial untuk kehidupan kita.

  1. Membuat interaksi sosial antarmanusia menjadi semakin luas dengan sarana internet dan website.
  2. Membuat koneksi banyak orang dalam suatu komunitas online tertentu
  3. Mengubah manusia sebagai pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.
  4. Merupakan alat personal branding bagi influencer, tokoh masyarakat, dan pengusaha.
  5. Digunakan sebagai media komunikasi antara para pemangku kepentingan dengan masyarakat pengguna media sosial lainnya.
Fungsi Media Sosial
pexels.com

Untuk Apa Sebenarnya Tujuan Media Sosial Itu?

Di luar fungsi-fungsi yang sudah disampaikan sebelumnya, ada beberapa tujuan dari diciptakannya media sosial. Apa saja itu? Berikut tujuan diciptakannya media sosial.

1. Aktualisasi Diri

Bagi sebagian orang, media sosial bisa digunakan sebagai ajang unjuk diri atau aktualisasi diri. Mereka berlomba-lomba sisi keunikan dan kemampuan mereka di media sosial, baik dalam hal desain, video, musik, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bukan rahasia lagi jikalau mulai muncul artis dadakan yang terkenal lewat media sosial.

2. Membentuk Komunitas

Komunitas tidak hanya bisa terbentuk dalam proses interaksi langsung saja. Dengan munculnya media sosial, komunitas online pun mulai bermunculan. Biasanya mereka berkumpul karena kesamaan hobi dan kesukaan. Lewat situ, mereka bertukar pendapat dan informasi tentang hobi dan kesukaan mereka.

3. Menjalin Hubungan Pribadi

Bukan hanya mampu membentuk komunitas saja, media sosial rupanya juga turut serta dalam membuat seseorang menemukan pasangan hidup, sahabat, bahkan rekan bisnis. Hal ini menunjukkan bahwa media sosial mampu membantu seseorang untuk menjalin hubungan privat dengan orang lain.

4. Media Pemasaran

Menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, membuat media sosial menjadi lapak yang menggiurkan untuk memasarkan produk-produk tertentu. Akhir-akhir ini, sangat banyak online shop bermunculan di berbagai media sosial, mulai dari makanan, kosmetik, alat elektronik, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Media Sosial

Sebenarnya banyak jenis media sosial yang mungkin masih belum kita ketahui selain media sosial yang sedang populer saat ini. Media sosial pun dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja itu? Berikut sedikit penjelasannya untuk Anda.

1. Social Networks

Social Networks atau jejaring sosial merupakan jenis media sosial yang memiliki fungsi utama untuk membantu interaksi sosial antar manusia. Jenis media sosial ini paling umum dan banyak digunakan orang-orang saat ini. Ada berbagai jenis social networks yang sering digunakan saat ini, antara lain:

  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • WhatsApp
  • Google Plus
  • Pinterest
  • dan lain-lain

2. Komunitas Online (Forum)

Situs forum dan komunitas online ditujukan untuk mewadahi banyak orang yang memiliki kesamaan minat, hobi, maupun kesukaan tertentu. Biasanya mereka akan memposting, berdiskusi, chatting, dan berbagi informasi tentang hal-hal yang mereka sukai.

Beberapa contoh komunitas online:

  • Kaskus.co.id
  • Ads.id
  • Brainly.co.id
  • Bersosial.com
  • Formaxmanroe.com
  • Indowebster.com
  • dan lain-lain

3. Situs Blog

Situs blog pun bisa dikategorikan sebagai media sosial karena mampu membuat pemilik blog dan penikmat kontennya memulai interaksi satu sama lain. Umumnya blog dibuat berdasarkan minat atau keahlian si pemilik blog dan konten di dalamnya dapat mempengaruhi banyak orang.

Blog ini menjadi wadah diskusi para pengunjung dengan pemilik blog di kolom komentar. bahkan beberapa blog ada yang menyediakan sub domain khusus untuk forum blog.

Beberapa contoh situs blog masuk kriteria:

  • Maxmanroe.com
  • PanduanIM.com
  • Sugeng.id
  • Bloggerborneo.com
  • Juragancipir.com
  • dan lain-lain

4. Social Bookmark

Layaknya fitur bookmark pada browser, situs social bookmark ini diawali dari ide adanya pengguna yang berusaha menyimpan situs yang ia sukai. Semakin ke sini, situs ini makin ditinggalkan karena banyak spam yang ditemukan di dalamnya.

Beberapa contoh situs social bookmark yang populer:

  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Slashdot
  • Diigo.com
  • Scoop.it
  • dan lain-lain

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai fungsi, tujuan, dan jenis-jenis media sosial. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here