Pengertian NFC (Near Field Communication) dan Cara Kerjanya

0
139
Pengertian NFC
jalantikus.com

Pernahkah terpikir dalam benak Anda menggunakan apa ketika kita bertransaksi tiket? Atau mungkin sekedar bertukar foto dalam jarak dekat? Semua hal tersebut bisa dijangkau dengan menggunakan teknologi NFC atau Near Field Communication. Tahukah Anda apa NFC itu? Berikut ulasannya untuk Anda.

Pengertian Near Field Communication (NFC)

Near Field Communication atau NFC adalah teknologi yang mampu membuat dua perangkat terhubung satu sama lain dalam jarak dekat. Keamanan dari teknologi ini cukup bisa dijamin karena hanya mampu beroperasi dalam jarak yang dekat. Namun, kedua perangkat yang terhubung harus sama-sama dilengkapi dengan chip NFC, baik penerima maupun pemberi sinyal.

Konsep kerja NFC mirip dengan RFID hanya saja jangkauan jarak NFC lebih pendek dan terbatas dibandingkan dengan RFID. Kalau dinumerasikan, kira-kira jangkauan NFC hanya 10cm atau 4 inchi. NFC bekerja pada frekuensi 13,56 MHz dengan prinsip kopling induktif. Prinsip ini merupakan frekuensi tinggi atau high frequency dari spektrum radio yang bebas lisensi. Namun saat ini, NFC sudah mencapai kecepatan transmisi hingga 424 kbs.

NFC dinilai lebih mumpuni dibandingkan dengan teknologi lain yang memerlukan kontak fisik. Hal ini dikarenakan NFC tidak memerlukan adanya kontak fisik sehingga menjauhkan dari kerusakan maupun keausan perangkat yang ada yang mungkin menghalangi kinerjanya.

Charles Walton mematenkan NFC pada tahun 1983. Namun, NFC baru digunakan pada HP Android di tahun 2010, yaitu pada Samsung Nexus S.

NFC memang kalah populer dibandingkan teknologi wireless lainnya, seperti bluetooth. Hal ini tidak lain dikarenakan daya jangkaunya yang hanya 10cm. Bahkan, tak jarang dua perangkat harus saling ditempelkan untuk mengirimkan file. Namun, sistem kerja NFC tidak memerlukan proses pairing layaknya bluetooth, sehingga diklaim bisa lebih praktis dan cepat.

Fungsi NFC (Near Field Communication)

Fungsi NFC
androidauthority.com

Merebaknya gaya hidup cashless membuat NFC kembali populer di kalangan pengguna smartphone. Lalu, apa saja sebenarnya fungsi dari NFC sendiri? Berikut ulasannya.

1. Bisa digunakan untuk memindahkan data atau file

Fungsi ini merupakan fungsi utama dan yang paling umum pada NFC. Kita bisa menggunakan NFC untuk memindahkan file dari satu ponsel ke ponsel lain. Tentunya kedua ponsel yang ada harus memiliki chip NFC untuk mendukung pemindahan file ini terjadi.

2. Untuk Pembayaran Cashless

Zaman sekarang bisa dikatakan sebagai era di mana transaksi cashless menjadi primadona bagi sebagian besar. Efisiensi waktu dan tenaga menjadi hal utama yang jadi pertimbangan. Dalam era seperti ini lah, teknologi NFC sangat berguna.

Saat ini pun, NFC sudah banyak digunakan untuk melakukan transaksi cashless. Pengguna cukup menempelkan smartphone pada perangkat yang sudah disediakan dan sistem akan membaca data yang ada. Proses pembayaran pun bisa dilakukan.

3. NFC Tag

Dalam smartphone saat ini, NFC juga dapat dikolaborasikan dengan sebuah teknologi bernama NFC Tag. Kolaborasi teknologi ini mampu membuat pengguna membuka aplikasi, mengirim pesan, bertelepon dengan sangat mudah.

Pengguna cukup menempelkan smartphone-nya pada NFC Tag. NFC Tag tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, tapi juga perusahaan dan toko-toko memanfaatkan untuk melihat detail harga barang dan menandai lokasi mereka.

4. Bermain Game Online

Bukan hanya pada transaksi pembayaran dan komunikasi saja, NFC rupanya sudah diterapkan pula pada game. Ya, para gamer pun bisa memainkan game dengan menggunakan NFC untuk terhubungan dengan gamer lain. Namun, tentu game yang dimainkan harus mendukung perangkat NFC.

5. Akses Indormasi Smart Card

Kemampuan yang menjadi unggulan dan unik bagi NFC adalah kemampuannya membaca data, terutama yang berhubungan dengan berbagai smart card yang saat ini sangat banyak macamnya. Dengan teknologi NFC ini, kita bisa melakukan transaksi e-money, mengecek identitas pada e-KTP kita, hingga mengisi kartu e-Toll yang saat ini banyak digunakan.

Cara Kerja NFC

Cara Kerja NFC
https://www.cardswitcher.co.uk/

NFC bekerja dengan memanfaatkan dengan memanfaatkan gelombang radio dalam menerima dan mengirim data layaknya bluetooth dan Wi-Fi. Ada standar tertentu dalam NFC yang melakukan transmisi secara nirkabel, yaitu perangkat NFC yang saling terhubung harus memiliki spesifikasi tertentu agar proses transmisi data mampu berjalan dengan lancar. Teknologi NFC menggunakan induksi elektromagnetik layaknya RFID untuk melakukan transmisi data dan informasi.

Pada saat bekerja, perangkat NFC akan menghasilkan gelombang radio spektrum 13,56MHz yang merupakan high frequensy. Lalu, saat ada sebuah perangkat NFC berada dalam jangkauan perangkat NFC lainnya, mereka akan memunculkan induksi magnetik yang dapat menyebabkan perpindahan daya dan data satu sama lain.

Prinsip kerja kopling induksi ini juga hampir sama dengan prinsip kerja pada perangkat pengisian daya nirkabel (Wireless Charging) namun daya yang dihasilkan oleh perangkat NFC ini relatif kecil yaitu sekitar 15mAh. Hal ini membuat teknologi NFC tidak dapat digunakan dalam teknologi charging smartphone secara wireless. Prinsip perbedaan NFC dengan perangkat wireless lain adalah penggunaan kopling induksi dalam perangkatnya.

Jenis-jenis Perangkat NFC

Berdasarkan jenisnya, perangkat NFC bisa dibedakan menjadi perangkat NFC pasif atau passive NFC device dan perangkat NFC aktif atau active NFC device.

1. Perangkat NFC Pasif (Passive NFC device)

Perangkat NFC pasif merupakan perangkat yang mampu mengirim data ke perangkat NFC lain tanpa sumber daya sendiri. Contoh Perangkat NFC Pasif diantara seperti NFC tag.

2. Perangkat NFC Aktif (Active NFC Device)

Perangkat NFC aktif merupakan perangkat yang dapat mengirim maupun menerima data dan informasi dengan perangkat pasif. Selain itu, perangkat NFC aktif juga dapat berkomunikasi dengan perangkat aktif. Perangkat yang sudah kita ketahui sejauh ini, yaitu smartphone merupakan wujud paling umum dari perangkat NFC aktif.

Model Operasi NFC

Ada tiga model operasi yang disepakati oleh Forum NFC dalam proses operasi NFC itu sendiri, yaitu:

1. Model Pembaca (Reader Mode)

Model pembaca memungkinkan perangkat yang sudah dilengkapi dengan NFC mampu membaca atau menulis data dari dan ke salah satu jenis tag yang didukung dalam data sesuai dengan format standar NFC yang ada.

2. Model Emulasi Kartu (Card Emulation Mode)

Perangkat atau Ponsel yang berkemampuan NFC bertindak sebagai tag ketika melakukan kontak dengan perangkat lain yang bertindak seperti pembaca (reader), data-data dari ponsel pintar tersebut akan dipindahkan dari ponsel pintar ke pembaca (reader) NFC tersebut. Contohnya adalah proses pembayaran yang dilakukan melalui smartphone dan e-ticket yang selama ini sudah kita gunakan.

3. Model Peer to Peer (Peer to Peer Mode)

Model peer to peer mampu membuat kedua perangkat ber-NFC saling bertukar data. Kedua-duanya dapat berfungsi sebagai reader maupun writer.

Itulah beberapa ulasan mengenai NFC mulai dari pengertian, jenis – jenisnya, fungsi, cara kerjanya beserta modal NFC itu sendiri. Dari ulasan tersebut diharapkan dapat dimengerti dengan baik serta dipahami dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here