Fujifilm X-A7: Harga dan Spesifikasinya

0
117
Harga dan Spesifikasi Fujifilm X-A7
kompas.com

Fujifilm akhirnya memboyong kamera mirrorless X-A7 ke Indonesia. Pasalnya, kamera ini memiliki fitur menarik dengan harga terjangkau. Penasaran seperti apa spesifikasi dan harganya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Harga dan Spesifikasi Fujifilm X-A7

X-A7 dianggap sebagai kamera mirrorless pintar dengan teknologi tinggi namun berharga terjangkau. Mungkin beberapa dari Anda penasaran seperti apa spesifikasinya. Berikut sedikit ulasannya.

  • Tipe Kamera Digital : Mirrorless
  • Valid Pixel : 24.2MP
  • Optical Sensor Tipe/Ukuran : 23.5mm x 15.7mm (APS-C) CMOS with primary color filter
  • Shutter Speed :
  • Mechanical Shutter : 4 sec. to 1/4000 sec.(P mode), 30 sec. to 1/4000 sec.(Other  modes) Bulb mode(up to 60 min)
  • Electronic Shutter : 4 sec. to 1/32000 sec.(P mode), 30 sec. to 1/32000 sec.(Other modes)
  • Light Sensitivity (ISO) : ISO100 / ISO25600 / ISO51200
  • Supported Flash Memory : SD Card (-2GB) / SDHC Card (-32GB) / SDXC Card (-256GB) UHS-I
  • Image record format : JPEG (Exif Ver 2.3)*3 / RAW (RAF format) / RAW+JPEG
  • Startup time : Approx. 0.4 sec., ketika High Performance mode set to ON; Approx. 0.8 sec., ketika High Performance mode set to OF
  • LCD size : 3.5 inch
  • Tipe Baterai : Li-ion battery
  • Nomor model baterai : NP-W126S
  • Bluetooth : Ver.4.2 (Bluetooth low energy), USB Type C (USB 2.0 High- Speed), HDMI Micro connector(Type D)
  • Finder : Ya
  • Lens mount : FUJIFILM X mount
  • Resolusi : 1920×1080 (Full HD) , 1280×720 , 3840×2160
  • Movie File Format : MPEG-4
  • Movie Video Compression : H.264
  • Audio : Linear PCM Stereo
  • Recording time :
  • 4K (3840 x 2160) : 29.97P/25P/24P/23.98P Continuous recording: up to 15 min.
  • Full HD(1920 x 1080) : 59.94P/50P/29.97P/25P/24P/23.98P Continuous recording: up to 30 min.
  • HD(1280 x 720) : 59.94P/50P/29.97P/25P/24P/23.98P Continuous recording: up to 30 min. 1:1 Full HD(1080 x 1080) à5 9.94P/50P/29.97P/25P/24P/23.98P Continuous recording: up to 30 min. 1:1 HD(720 x 720) à 59.94P/50P/29.97P/25P/24P/23.98P Continuous recording: up to 30 min.
  • Recording Time : High Speed Movie(1280×720) à 1.6x / 2x / 3.3x / 4x
  • Face Recognition :Ya
  • Self timer : Ya
  • Continuous shooting : Approx. 6.0 fps Approx. 3.0 fps
  • Bulb : Ya
  • Built-in flash : Ya
  • RAW+JPEG : Ya
  • Dimensi (WxHxD) : 119.0(W) mm x 67.7 (H) mm x 41.1(D) mm; 320 g (including battery and memory card), 271 g (excluding accessories, battery and memory card)

Desain Fujifilm X-A7

Fujifilm X-A7 nampak bergaya retro dengan sentuhan modern pada tools di bagian atas perangkatnya. X-A7 memiliki dimensi 119.0 (W) mm x 67.7 (H) mm x 41.1(D) mm dengan berat 320g, itu semua sudah termasuk baterai dan kartu memori.

Desainnya yang ergonomis membuat fotografer cukup nyaman dalam membawa dan menggenggamnya.  Pada bagian grip di bagian kanan (pengoperasian dengan tangan kanan), susunan tombol cukup memudahkan jari untuk menekan tombol maupun mengatur mode kamera. Kamera memang cenderung tidak licin ketika digenggam, namun tetap disarankan untuk menggunakan tali ketika memotret agar lebih aman dari terjatuh.

Fitur Fujifilm X-A7

Kamera mirrorless Fujifilm X-A7 dilengkapi sensor dengan ketajaman 24.2 MP. Perangkat ini memiliki berbagai macam mode pemotretan seperti Advanced SR Auto, Advanced Filter, Light Trail, Portrait Enhancer, Landscape, Sport hingga Night.

Ada juga fitur Advanced SR Auto yang berfungsi untuk menempatkan pengaturan kamera optimal untuk mode tertentu. Hasil gambar yang ditangkap oleh fitur otomatis ini pun bisa optimal.

Ada lagi fitur yang menarik dari kamera ini, pengguna mampu menangkap gambar dengan hanya menyentuh layar. Namun, untuk mendapatkan akses ke fitur itu, pengguna perlu mengaturnya terlebih dahulu.

Fujifilm X-A7 juga memiliki layar LCD 3,5 inci yang dibekali dengan fitur rotate. Pengguna juga bisa mengatur rasio layar mulai dari 16:9, 4:3, hingga 1:1. Depth Control hingga self-timer pun bisa diatur oleh pengguna sesukanya.

Untuk merekam video, pengguna bisa menekan tombol yang terletak di sebelah tombol power on/off. Bagian ini sebenarnya bisa digunakan untuk mengatur shutter speed, sementara mengatur bukaan atau aperture, pengguna bisa memutar di bagian tombol untuk menangkap gambar.

Untuk menggunakan lampu atau flash, pengguna bisa membuka fitur flash di bagian sisi kiri kamera hingga lampu menonjol keluar. Untuk dapat menyalakan flash, pengguna diberikan opsi di bagian Flash Setting, kemudian tempatkan pada posisi Forced Flash untuk mengaktifkan flash.

Fujifilm X-A7 juga menyediakan fitur HDMI Micro, USB Type C, serta SD Card eksternal. Kabel data melalui USB Type C pun dipilih untuk melakukan pengisian daya baterai.

Hasil Foto Fujifilm X-A7

Dengan pengaturan yang mudah dan mode otomatis, mampu membuat kamera ini cocok untuk memotret baik di indoor maupun outdoor dengan hasil yang maksimal.

Fotografer bisa memanfaatkan mode-mode pemotretan yang sudah disediakan sesuai kondisi objek atau lingkungan. Namun, pemotretan bisa memakai Advanced SR Auto untuk menghasilkan hasil tangkapan foto terbaik jika memang tidak mau repot.

Kelebihan Kamera Fujifilm X-A7

Kelebihan Kamera Fujifilm X-A7
grid.id

Dengan berbagai spesifikasi di atas bisa digambarkan kurang lebih kelebihan yang dimiliki oleh kamera Fujifilm X-A7 adalah sebagai berikut

1. Kemampuan video terbaik untuk seri X-A

Fujifilm X-A7 bisa dikatakan mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal kemampuan video dan desain bodi untuk merekam video dibandingkan dengan seri X-A sebelumnya.

Ada satu perubahan mencolok dari tampilan luar Fujifilm X-A7, yaitu bodi bagian belakangnya yang sedikit lebih memanjang dengan layar di belakang yang melebar dibandingkan dengan seri X-A sebelumnya.

Layar sentuh dari seri ini pun sudah diperbarui dengan ukuran 3,5 inci dan aspek rasio 16:9. Layarnya yang cukup lebar ini pun bisa diputar 180 derajat sehingga sangat berguna untuk selfie dan vlogging.

Dengan layar yang lebar ini, ada kompromi yang harus dilakukan Fujifilm. Area tombol di sisi kanan menjadi sempit. Ini akan menyulitkan pengguna dengan tangan berukuran besar saat mengoperasikannya dengan satu tangan. Namun hal ini dapat diatasi dengan melipat layar keluar sehingga tangan tidak menyentuh layar.

Tombol navigasi empat arah yang biasa berfungsi ganda sebagai shortcut untuk beragam fungsi dasar kamera juga dihilangkan. Namun, disediakan joystick empat arah untuk navigasi menu, walaupun tidak senyaman tombol empat arah biasa.

Layar kamera dengan lebar yang sudah disebutkan sebelumnya tadi bia juga digunakan untuk mengatur berbagai pengaturan, seperti ISO, film simulation, metering, titik fokus, dan penjepretan. Tingkat kecerahan dan ketajaman yang dimiliki layar ini pun termasuk berkualitas. Bahkan, di bawah pancaran sinar matahari yang terik pun layar masih nyaman digunakan.

Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur baru bernama Portrait Enhancer untuk menunjang selfie. Dengan fitur ini, kamera bisa menghasilkan foto diri keren dengan warna kulit yang menawan. Jadi fitur ini akan membuat wajah terlihat glowing, tapi masih terlihat natural.

Fujifilm X-A7 menampilkan tatanan menu baru yang disebut Smart Menu. UI yang sudah dirancang sedemikian rupa ini memang dioptimalkan untuk digunakan di layar sentuh. Tampilan menu yang lebih ringkas membuat pengguna mengaktifkan fitur dan fungsi dengan cepat dan mudah langsung dari layar sentuhnya.

Lensa XC15-45 dengan power zoom sudah dimasukkan dalam paket Fujifilm X-A7. Dengan lensa ini, pengguna menggunakan zoom lensa dengan mekanisme elektrik. Mekanisme lensa yang halus membuat lensa ini cocok untuk merekam video. Semakin lensa diputar cepat, maka zoom lensa juga akan bergeser semakin cepat pula.

Terdapat Bright Mode bagi fotografer pemula atau pengguna yang ingin memotret dalam mode otomatis. Dalam mode ini, kamera akan menentukan setting ideal untuk menghasilkan foto HDR yang lebih terang dan lebih matang warnanya, sesuai dengan tren di media sosial saat ini.

Dari sisi kualitas foto, lensa dengan bodi plastik yang ringan ini juga cukup baik. Fokus dapat ditemukan dengan cepat, termasuk di kondisi cahaya agak remang-remang. Tidak heran mengingat Fujifilm X-A7 telah mendukung 425 titik fokus, sama seperti X-T3 yang lebih tinggi kelasnya.

Reproduksi warna juga jadi andalan X-A7, dengan adanya Film Simulation yang dapat menyajikan simulasi warna pada film-film (seluloid) legendaris Fuji. Hampir semua Film Simulation yang dimiliki X-T3 ada pada X-A7, kecuali ACROS (simulasi film hitam putih khas kamera Fujifilm).

Noise yang dihasilkan cukup minimal dan tidak mengganggu hingga setting ISO 6400. Meskipun hasil foto X-A7 pada mode otomatis cenderung sedikit underexposed, tapi dengan mudah bisa dikompensasi melalui kenop putar di sisi kanan atas bodi.

Jika Anda belum pernah menggunakan Fujifilm, Anda pasti akan terkejut melihat hasil jepretan dengan flash internalnya. Layaknya kamera Fujifilm X-Series lainnya, hasil jepretan dengan bantuan flash internal terlihat baik berkat pengukuran cahaya dari kamera yang pas.

2. Kualitas video 4K mumpuni

Dukungan perekaman video 4K yang handal merupakan peningkatan paling signifikan yang ditemukan di X-A7 dibandingkan seri X-A sebelumnya, bahkan X-T100. Fujifilm X-A7 juga bisa menghasilkan rekaman video dengan resolusi 4K 30fps tanpa crop dari data rekaman yang mencapai 6K. Hasilnya amat baik. Kinerja fokus otomatis dengan lensa kit juga bisa diandalkan, walaupun dibutuhkan 1-2 detik untuk mengunci fokus saat subyek bergerak.

Perlu diingat, bodi kamera akan lebih cepat panas dan baterai akan lebih cepat tersedot saat merekam video 4K. Selain itu, kamera ini juga bisa merekam video Full HD 60p dengan aspect ratio 16:9 atau merekam dalam format 1:1 untuk Instagram.

Fujifilm X-A7 dilengkapi port mikrofon input yang berukuran 2,5mm untuk menghasilkan hasil rekaman yang lebih baik. Jika ingin menggunakan mikrofon 3,5mm dengannya, maka diperlukan adapter.

Daya tahan baterai memungkinkan untuk mengambil sekitar 400 foto tanpa flash sekali charge. Sementara untuk video, dibatasi 30 menit rekaman sebelum Anda harus merekam video dalam file baru.

Untuk dapat mentransfer foto dari kamera ke ponsel, sudah ada aplikasi FUJIFILM Remote yang bisa digunakan dan tersedia gratis untuk perangkat Android dan iOS.

3. Pilihan terjangkau untuk pencipta konten 4K

Spesifikasi Fujifilm X-A7 ini dapat diandalkan pencipta konten yang serius tapi memiliki budget terbatas karena mampu menghasilkan video beresolusi 4K yang mumpuni. Layar yang bisa diputar ke depan menjadikan X-A7 sebagai kamera yang yang ideal untuk vlogging.

Kualitas video yang meningkat signifikan juga membuatnya dapat diandalkan bagi para Youtuber atau pembuat konten yang menginginkan kamera canggih tapi ringkas.

Berkat tatanan menu yang optimal untuk layar sentuh dan mode otomatis yang pintar pemotretan pun terasa lebih mudah dan foto yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Harga Fujifilm X-A7

Harga Fujifilm X-A7
filmvideoandvirtualreality.com

Fujifilm menawarkan X-A7 dengan empat pilihan warna. Adapun warna yang dimaksud ini adalah dark silver, mint green, silver, dan camel. Fujifilm X-A7 secara resmi diluncurkan di pasaran Indonesia seharga Rp10.999.000. Harga ini sudah dibundle dengan lensa kit XC 15-45mm F3.5-5.6 OIS PZ.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai informasi harga dan spesifikasi kamera Fujifilm X-A7. Anda berminat untuk memilikinya? Segera saja pesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here