Fujifilm X-T3: Harga dan Spesifikasinya

0
194
Spesifikasi Fujifilm X-T3
pocket-lint.com

Persaingan yang semakin panas di pasar kamera digital membuat perkembangan teknologi di bidang ini semakin cepat. Setidaknya ada tiga nama besar yang selalu menjadi trending topic, yaitu Nikon, Canon dan Fujifilm. Untuk saat ini mereka sedang bersaing mengeluarkan inovasi kamera baru, yaitu mirrorless.

Salah satu produk dari Fujiflm yang termasuk unggulan dan menjadi produk berdaya saing tinggi dengan dua kompetitornya adalah Fujifilm X-T3. Fujifil X-T3 adalah salah satu kamera mirrorless dengan spesifikasi tinggi. Seperti apa spesifikasi dan harganya? Berikut sedikit ulasannya untuk Anda.

Spesifikasi Fujifilm X-T3

Spesifikasi X-T3 jelas lebih unggul dibandingkan dengan generasi pendahulunya, yaitu X-T2. Lantas, bagaimana detail spesifikasinya?

  • Sensor : CMOS; APS-C; 23.5 x 15.6mm
  • Resolusi Kamera : 26.1MP
  • Wi-Fi, Mic Jacks, Bluetooth, HDMI : Ya
  • Firewire : Tidak
  • USB : Ya
  • NFC, GPS : Tidak
  • Resolusi Video : Full HD
  • Viewfinder : Electronic
  • Display Size : 3″
  • Swivel : Tidak
  • Tiltable : Ya
  • Scratch Resistant : Ya
  • Fixed : Ya
  • Face Recognition : Ya
  • Image Stabilization : Ya
  • Rentang ISO : 160 – 12800
  • Self Timer : Ya
  • Live View : Tidak
  • ISO Auto             : Ya
  • Dimensi (W x H x D) : 132.5 x 92.8 x 58.8mm; 539g
  • Memori Internal : 2GB
  • Built-in flash : Ya
  • Dustproof : Tidak
  • Touchscreen : Ya
  • Body Material : Aluminium

Desain Fujifilm X-T3

Desain Fujifilm X-T3
bukalapak.com

Fujifilm X-T3 didesain layaknya kamera film dengan adanya roda (dial) untuk mengubah shutter speed, ISO, dan kompensasi eksposur di bagian atas kamera. Ada tuas untuk mengganti drive mode, mode metering dan mode autofokus. Selain itu, banyak juga tombol-tombol untuk mengubah setting kamera.

Tata letak yang dimiliki Fuji X-T3 ini sangat mirip dengan pendahulunya, X-T2, hanya saja lebih tinggi karena ada headphone jack di sebelah kiri kamera. Sementara di X-T2 perlu adanya grip untuk mengakses headphone jack. Berat kamera memang bertambah menjadi 539 gram, namun di dalamnya sudah termasuk bateri dan kartu memori.

Kinerja Fujifilm X-T3

Dengan processor baru, sensor baru, autofokus dengan lensa yang cocok akan sangat cepat, contohnya dengan lensa fix 50mm f/2 sangat cepat, tapi dengan lensa 16mm agak sedikit lebih lambat tapi masih relatif cepat. Autofokus pada kamera ini pun sudah sangat cepat dan akurat dalam mengikuti moving subjects.

Baterai yang digunakan X-T3 sama seperti X-T generasi sebelumnya yang mampu digunakan untuk 260-370 foto menurut CIPA. Namun, hal itu tentu saja tergantung gaya penggunaannya, semakin banyak menggunakan jendela bidik maka semakin boros. Selain itu, performance boost juga mempengaruhi kinerja baterai. Memang jika diaktifkan kinerjanya akan semakin cepat namun baterai akan semakin boros.

Penggunaan burst shooting (foto berturut-turut) dalam praktiknya bisa mencapai 500-600 foto untuk baterai full charge. Ini lah mengapa, fotografer profesional perlu menyiapkan baterai cadangan secukupnya jika sedang mendokumentasikan suatu acara.

Layar LCD sudah mendukung touchscreen, yang bisa digunakan untuk menentukan fokus, dan mengganti setting di Quick menu dan memeriksa hasil foto, tapi di dalam menu utama belum bisa.

Bagi yang suka memotret dengan jendela bidik, kadang hidung bisa menyentuh layar dan mengganti setting secara tidak sengaja, oleh sebab itu, ada pilihan untuk me-non aktifkan sebagian atau keseluruhan bidang layar.

Kualitas Gambar Fujifilm X-T3

Dengan lensa 16mm f/1.4 dan 50mm f/2 kualitas gambar yang dihasilkan bisa tajam dan dapat menangkap detail dengan baik. Begitu pula ketika memotret dengan kondisi yang agak gelap seperti untuk memotret di panggung dengan ISO tinggi (1600-6400).

Fitur film simulation dengan total 16 mode pun juga tersedia layaknya kamera Fuji pada umumnya. Velvia membuat warna dan kontras foto tinggi, cocok untuk merekam warna langit saat senja, Classic Chrome menurunkan saturasi warna memberikan kesan foto di jaman film, cocok untuk menggambarkan suasana yang sendu. Mode ACROS mampu menghasilkan warna monokrom atau hitam putih yang kontras. Sementara Eterna cocok untuk merekam video untuk memberikan kesan cinematic.

Dynamic range kamera juga cukup baik. Saat memotret di kondisi foto yang kontras bisa menggelapkan daerah yang terang dan menerangkan daerah gelap dengan baik dan relatif minim noise/artefact.

Dengan berbagai spesifikasi tersebut, kamera Fujifilm X-T3 ini dibanderol dengan harga Rp 22.999.000,-. Apakah dengan spesifikasi di atas sepadan dengan harga yang ditawarkan? Anda bisa menyimpulkannya sendiri.

Kelebihan Fujifilm X-T3

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan pada kamera generasi ketiga X-T dari Fujifilm ini. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh kamera Fujifil X-T3.

1. Gambar dengan high quality

X-T3 diklaim oleh Fujifilm sebagai kamera dengan sistem autofocus terbaik dari seluruh produknya. Selain itu, X-T3 menjadi kamera pertama yang menggunakan 26,1 MP dengan kualitas rekam video 4K 60 fps.

2. Memiliki performa lebih cepat

Performa cepat dari X-T3 ini tidak lepas dari pembaruan pada viewfinder dan juga prosesornya. Viewfinder pada X-T3 berlayar OLED 5 inci serta refresh rate sebesar 100 fps. Hasil gambar pada viewfinder nampak lebih tajam dibanding pendahulunya dengan lag time hanya 0,005 detik.

Sementara prosesor yang digunakan adalah X-Processor 4 dengan CPU quad core yang memiliki kecepatan 3 kali lipat dibandingkan seri X selainnya. Shutter-nya pun bisa tertutup secepat 11 fps, sehingga tidak memerlukan vertical grip untuk mengambil gambar dengan mode burst.

3. Fitur lengkap untuk video

Ada pula fitur-fitru kecil pada X-T3, di antaranya built-in headphone dan mic jack, USB-C untuk tethering serta USB power charging. Fitur-fitur kecil tersebut pun sudah didesain sedemikian rupa dengan kinerja yang akan dijamin memuaskan. Kecepatan pengisian baterai dengan USB pada seri ini diklaim Fujifilm akan setara dengan X-T2.

4. Autofocus yang mampu mengikuti setiap subyek dengan akurat

Autofocus pada X-T3 ini pun telah lebih dikembangkan, mulai dari 117 AF hingga 425 AF. Selain itu, ada setidaknya 2,16 juta pixel phase-detect yang kira-kira sekitar empat kali jumlah X-H1 dan X-T2. Auto-focus untuk deteksi wajah / mata juga telah ditingkatkan dengan menurunkan sensitivitas AF menjadi -3EV.

5. Terdapat fungsi pre-shoot

Adanya fungsi ini mampu memberikan gambaran kepada fotografer untuk melihat hasil gambar yang akan didapatkan. Cara penggunaannya pun layaknya kamera pada umumnya cukup dengan menekan setengah tombol shutter release untuk melihat hasil pre-shoot.

Selain itu adanya sports finder membuat kita dapat mengambil gambar bergerak dengan baik.

6. Fitur Colour Chrome baru

Colour chrome merupakan fitur di mana kamu dapat mengatur warna secara langsung pada kamera. Hal ini dikarenakan prosesor terbaru yang dimiliki X-T3. Dengan fitur ini, fotografer bisa meningkatkan saturasi dan detil pada gambar. Fitur yang diberikan untuk seri GFX50S ini diterapkan kembali untuk X-T3. Pasalnya, kecepatan fitur ini digadang-gadang lebih cepat dibandingkan dengan yang ada pada GFX50S.

7. Lebih murah karena pindah area perakitan

Dengan berbagai fitur di atas, harga X-T3 lebih murah satu juta dibanding dengan X-T2. Hal ini dikarenakan tempat perakitannya dipindah ke China. Namun, kualitas tentu tidak terkurangi sama sekali.

Harga Fujifilm X-T3

Dengan berbagai spesifikasi tersebut, kamera Fujifilm X-T3 ini dibanderol dengan harga Rp 22.999.000,-. Apakah dengan spesifikasi di atas sepadan dengan harga yang ditawarkan? Anda bisa menyimpulkannya sendiri.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai informasi harga dan spesifikasi kamera Fujifilm X-T3. Anda berminat untuk memilikinya? Segera saja pesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here