Dell XPS 13 9380: Harga dan Spesifikasinya

0
29
Harga Dell XPS 13 9380
https://digitaltrends.com/

Di Indonesia, laptop dengan luas layar dibawah 14″ biasanya identik dengan spesifikasi yang rendah Namun, anggapan itu tidak berlaku bagi Dell XPS 9380 yang merupakan produk teranyar Dell. Laptop ini benar-benar “menipu” dan menepis berbagai anggapan tersebut.

Hal ini karena Dell menghadirkan seri terbarunya yang membuat para pecintanya selalu memburu. Penasaran dengan bagaimana spesifikasi dan harga dari laptop Del XPS 13 9380 ini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Spesifikasi Dell XPS 13 9380

  • Dimensi : 302 mm x 199 mm x 7.8 mm
  • Prosesor : Intel® Core™ i3-8145U sampai Intel® Core™ i7-8565U
  • Memori : 4GB sampai 16GB LPDDR3 2133MHz
  • Graphics : Intel® UHD Graphics 620
  • Penyimpanan : 128 GB – 256 GB SSD
  • Layar : 13.3” (1920×1080) – 13.3” 4K Ultra HD (3840×2160)
  • Sistem Operasi : Windows 10 Home 64-bit English

Unboxing Dell XPS 13 9380

Kotak yang terbuat dari kardus berwarna hitam dipilih untuk membungkus Dell XPS 13 9380, mirip seperti kotak laptop pada umumnya. Di bagian atas kotak tersebut terdapat informasi peringatan untuk berhati-hati bahwa barang di dalam kotak mudah terbakar dan meledak karena memiliki baterai.

Pada bagian bawah dan atas kotak terdapat sebuah logo khas dari Dell. Sedangkan pada sisi kanan kotak terdapat informasi mengenai spesifikasi laptop tersebut mulai dari seri, CPU, Kapasitas hingga memori. Dan pada sisi  kiri terdapat informasi mengenai layanan Dell Premium Support lengkap dengan nomernya yang dapat memudahkan para penggunanya untuk bertanya.

Di bagian dalam, laptop dikemas cukup aman, yang dilindungi sejenis busa di bagian bawah, kanan dan kirinya. Laptop dibungkus juga dengan kotak tambahan berwarna putih, dalam kemasan Dell memberikan beberapa perangkat pendukung serba putih, seperti adaptor dan pengisi daya baterai USB type C dan kabel sambung antara USB type A dan USB type C.

Desain Dell XPS 13 9380

Desain Dell XPS 13 9380
https://futurecdn.net/

Dengan proses yang dijuluki Frost Machined Alumunium, desain laptop ini menjadi cukup elegan dan terlihat lebih putih dari alumunium biasa. Dell mengklaim bahwa warna putih pada laptopnya kali ini tidak akan pudar atau pun berubah.

Logo khas perusahaan asal Amerika Serikat tersebut dicantumkan di bagian punggung atau atas laptop. Sedangkan desain bagian dalam menggunakan Artic White Woven Glass, atau glass fiber dan alumunium yang dipasang sekitar keyboard-nya. Dell XPS 13 9380 berdimensi panjang 30,2 centimeter dan lebar 19,9 centimeter.

Bobotnya yang hanya 1,23 kilogram dan tebalnya kisaran 0,78-1,16 centimeter membuat laptop ini cukup ringan, serta cocok dibawa kemana-mana. Dell juga mendesain agar Anda bisa membuka laptop dengan satu tangan, yaitu menghadirkan desain engsel torsi variabel baru yang memudahkan.

Dari segi desainnya, Dell juga menklaim bahwa mereka menggunakan bahan rama lingkungan serta bebas dari bahan seperti merkuri, kadmium, timah dan beberapa phthalate. Selain itu, 90% bagian Laptop ini dapat digunakan kembali atau di daur ulang jika suatu saat sudah tidak digunakan lagi.

Keyboard, Port, dan Slot

Harga Dell XPS 13 9380
https://arstechnica.net/

Keyboard yang dipasang Dell memberikan pengalaman mengetik yang nyaman dan menyenangkan. Dengan travel key 1,3 milimeter, keyboard yang disematkan menyuguhkan feedback kuat saat ditekan. Keyboard menyala ketika laptop dalam kondisi hidup.

Trackpad pada Dell XPS 13 9380 ini pun dilapisi dengan kaca, sehingga pengguna akan merasakan halus ketika menyentuh. Performa trackpad juga cukup presisi dan sensitif, Anda bisa melakukan scroll dengan dua jari, swipe dengan tiga jari, sampai fungsi pinch-zoom bisa dilakukan dengan mudah.

Bagian bodi, di sisi kanan, terdapat speaker, slot pembaca kartu microSD, port USB type C yang bisa digunakan pengisian daya atau displayport, serta lubang untuk headshet berukuran 3,5 milimeter. Sedang di sisi kiri, Dell memasang slot kunci wedge-shaped, dua port USB type C untuk pengisian daya dan displayport, penanda pengisian daya baterai dan speaker. Serta di atas layar terdapat kamera.

Pada laptopnya kali ini, Dell tidak memasang port USB type A. Sebagai gantinya, Dell sudah menyediakan di dalam kotak berupa kabel sambung antara USB type C dengan USB type A. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menghubungkan laptop dengan smartphone, hardisk internal, atau layar proyektor.

Layar dan Kamera Dell XPS 13 9380

Dell memasang layar berukuran 13,3 inci InfinityEdge, sesuai dengan namanya Dell XPS 13 9380, dan sudah touch screen. Layar sudah beresolusi 4K atau 3840×2160 piksel, yang didukung 100 persen sRGB color gamut, HDR, Dolby Vision, kecerahan 400 nits, contrast ratio 1500:1, serta sudut pandang seluas 178 derajat.

Adanya bezel tipis di bagian atas dan samping membuat Dell XPS 13 9380 terlihat mewah. Selain itu, layarnya dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4, seperti yang ada pada smartphone. Dell XPS 13 9380 dilengkapi dengan aplikasi CinemaColor yang menyediakan empat screen mode, yaitu movie, evening, sports, dan animation.

Default resolusi layar yang di-setting pada laptop ini adalah Full HD dan sangat ideal untuk aktivitas pekerjaan. Selain itu, juga dapat beralih ke resolusi 4K ketika Anda benar-benar membutuhkannya, misalnya untuk menikmati konten hiburan, atau saat editing foto dan video 4K. Layaknya laptop pada umumnya, Dell juga memasang kamera di atas layar.

Uniknya, kamera tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil, dan dilengkapi lampu indikator yang akan menyala saat kamera aktif. Kamera depan ini mampu memotret pada resolusi 0,9 megapiksel dan merekam video 720p 30 fps, yang berbentuk bulat berdiameter 2,25 milimeter.

Hardware dan Performa Dell XPS 13 9380

Dell XPS 13 9380 tersedia dalam beberapa konfigurasi, unit yang lebih dulu hadir menggunakan prosesor Intel Core i7-8565U generasi ke 8. Prosesor dengan code name Whisky Lake itu disandingkan dengan kartu grafis Intel UHD 620, dan kapasitas RAM 16 gigabita (GB) LPDDR3-2133.

Alasan Dell tidak memasang slot adalah karena RAM yang ada cukup besar, sehingga RAM pada Dell XPS 13 9380 tidak bisa di-upgrade. Selain itu, kapasitas SSD yang disediakan Dell sebesar 512GB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive.

Selain itu, prosesor baru bukan hanya membuat performa lebih cepat, tapi membuat baterai efisien sehingga dayanya bisa bertahan lebih lama. Dell menjanjikan baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam pada resolusi 4K, 21 jam untuk resolusi Full HD, setidaknya Anda bisa melewati jam kerja tanpa mengisi daya.

Bisa dikatakan, Dell versi kali ini mampu digunakan untuk bekerja seharian dan mampu membuka browser dengan banyak tab hingga lebih dari 30 tab. Selain itu, bisa juga menggunakan berbagai aplikasi editing seperti Photoshop, Lightroom, dan Premiere Pro, pasalnya aplikasi tersebut tergolong ringan bagi laptop ini.

Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 10 dengan tampilan user interface Windows 10 pada umumnya. Sehingga, Anda akan medapatkan kombinasi terbaik fitur Windows yang Anda tahu dan memiliki peningkatan baru.

Dell juga memasang teknologi CinemaSound yang dapat meningkatkan volume dan memperjelas setiap nada, sehingga Anda mengalami suara berkualitas studio. Dan disematkan juga teknologi CinemaStream, Killer Wireless yang menyalurkan bandwidth maksimum untuk pengalaman yang mulus dan tanpa gangguan.

Aplikasi Bawaan Dell XPS 13 9380

Ada sejumlah aplikasi bawaan yang ditanamkan pada Dell XPS 13 9380, yaitu Dell Mobile Connect, Dell Update, dan Dell Power Manager. Dell Mobile Connect dapat memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop dengan smartphone Android atau iOS, dengan begitu akan lebih mudah untuk bertukar file.

Lalu, ada Dell Update yang dapat digunakan untuk mematikan update software terbaru. Terakhir, Dell Power Manager yang menjadi alat kontrol atas power profile dan penggunaan baterai. Dell XPS 13 9380 dilengkapi dengan sensor sidik jari yang diintegrasikan langsung dengan tombol power.

Harga Dell XPS 13 9380

Harga Dell XPS 13 9380
https://arstechnica.net/

Untuk soal harga, kalian bisa mendapatkan laptop ini dengan harga kisaran 20 jutaan. Harga tersebut di sesuaikan dengan kapasitas RAM, Penyimpanan, dan tipe prosesor yang di inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here