Microsoft Surface Pro X: Harga dan Spesifikasinya

0
34
Harga dan Spesifikasi Microsoft Surface Pro X
https://sm.ign.com/

Salah satu kejutan besar yang diberikan Microsoft dalam peluncuran keluarga Surface barunya adalah Microsoft memperkenalkan Microsoft Surface Pro X. Seperti layaknya tablet keluaran Microsoft, Surface Pro X memiliki tampilan yang ramping dengan bezel yang sama minimalisnya.

Berniat untuk membawa Microsoft Surface Pro X?  Namun, apakah Anda sudah mengetahuinya seperti apa spesifikasi beserta dengan harga dari laptop 2-in-1 keluaran Microsoft ini? Berikut sedikit ulasannya untuk Anda.

Spesifikasi Microsoft Surface Pro X

  • Tipe : Convertible , Hybrid
  • OS : Windows
  • OS ver : Windows 10 Home
  • SIM : Nano SIM
  • CPU : Microsoft SQ1
  • Memori : 128GB , 256GB , 512GB
  • RAM : 8GB , 16GB
  • Baterai : Up to 13 hours of typical device usage
  • Ukuran Layar : 13 inches
  • Resolusi : 2880 x 1920 pixels, 267 ppi
  • Jaringan : Tipe   2G , 3G , 4G (LTE)
  • 4G (LTE) : LTE: Band 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 14, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 38, 39, 40,  41, 46, 66
  • Kamera Utama : 5MP
  • Kamera Depan : 10MP
  • Fitur : Wi-Fi , GPS , Bluetooth
  • Dimensi : 287 x 208 x 7.3 mm
  • Berat : 774 g

Ditenagai Prosesor Surface SQ1

Laptop 2-in-1 ini ditenagai prosesor bernama Surface SQ1. Surface SQ1 yang memiliki arsitektur ARM ini merupakan pengembangan dari Qualcomm Snapdragon 8cx. Tidak hanya itu saja, Adreno 685 yang menjadi chip grafis terintegrasi dalam prosesor ini turut ditingkatkan dengan kemampuan mencapai lebih dari 2 teraflops. Jadi, spesifikasi tersebut memungkinkan tablet ini digunakan untuk menjalankan tugas olah grafis seperti menyunting foto, video, hingga bermain game.

Surface dengan arsitektur ARM generasi sebelumnya mencakup Surface RT dan Surface 2, yang pernah rilis pada 2012 dan 2013. Kedua perangkat ini menggunakan chip Nvidia Tegra. Dua-duanya berjalan di atas sistem operasi Windows RT. Microsoft berharap kedua perangkat akan memberikan produktivitas Windows klasik dengan harga yang kompetitif.  Prosesor SQ1 di Pro X diklaim sangat irit daya dengan hanya 7 watt, tetapi memiliki performa 3 kali lipat dibandingkan dengan Surface Pro 6.

Tapi, ada satu hal yang sangat wajib diperhatikan dari tablet Microsoft Pro X ini adalah dalam hal dukungan aplikasinya. Dengan sistem operasi Windows 10 yang khusus dirancang untuk prosesor berarsitektur ARM, Surface Pro X bisa dikatakan tidak kompatibel dipasang aplikasi yang berbasis arsitektur x64 seperti halnya aplikasi pada laptop atau PC pada umumnya. Port user interface yang tersemat pada Surface Pro X adalah dua USB-C, satu Surface Connect dan satu slot kartu SIM nano.

Mendukung LTE, Upgradable SSD, baterai tahan 13 jam

Surface Pro X Mendukung LTE
https://www.theverge.com/

Dengan prosesor berbasis ARM, keunggulan lain yang dimiliki Surface Pro X adalah memungkinkannya dukungan konektivitas 4G LTE. Dibagian belakang ada tempat untuk menaruh SIM card serta dapat di tambahkan SSD seri M2 untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Pada plat penutupnya dapat dibuka dengan SIM ejector sama seperti pada smartphone. Tambahan ini mejadikan laptop 2-in-1 keluaran Microsoft Surface Pro X menjadi keunggulannya dibandingkan dengan lini Surface Pro selainnya.

Selain itu baterainya juga tahan lama. Baterainya bisa bertahan hingga sekitar 13 jam, sehingga sangat cocok untuk menemani aktivitas Anda seharian. Baterai tablet ini juga dilengkapi dengan dukungan fitur fast charging. Saat mengisinya, baterai bisa terisi 80 persen hanya dalam waktu 1 jam.

Layar Lebih besar, bodi paling tipis

Surface Pro X Layar Lebih besar bodi paling tipis
https://www.cnet.com/

Microsoft Surface Pro X masih memiliki desain yang sama layaknya Surface lainnya. Bedanya, Surface Pro X hadir dengan panel layar 13 inci dengan aspect ratio 3:2 beresolusi 2880 x 1920 piksel (267 ppi). Ini artinya meski layarnya lebih besar dimensinya akan tetap ringkas.

Dari desain luar, Surface Pro X terlihat seperti Surface Pro 7, tetapi dengan versi yang lebih ramping. Tampilanya ebih tipis 5,3mm dengan bobot hanya sekitar 800 gram. Alumunium campuran dipilih menjadi bahan untuk bodinya. Untuk kickstand-nya sendiri dapat mendukung sudut hingga 165 derajat.

Surface Pro X bisa dikatakan menjadi varian Surface pertama yang paling tipis dengan ukuran bodi 5,3mm. Perangkat eksklusif tambahan pada Surface Pro X selainnya adalah Surface Pro X Signature Keyboard dan New Surface Slim Pen dengan dukungan fitur Magnetic Wireless Charge jika disimpan dalam slot keyboardnya.

Yang unik terlihat dari New Surface Slim Pen, berbeda dengan kebanyakan Stylus yang biasanya berbentuk lonjong dan membulat ala pencil biasanya, sekarang bentunya agak tipis dan datar. Latensi dari stylus pen Surface Pro X ini juga sudah ditingkatkan jika dibandingkan dengan Stylus Pen Microsoft umumnya.

Kekurangan Microsoft Surface Pro X

Kekurangan dari Microsoft Surface Pro X adalah sama seperti Surface Laptop 3, Surface Pro X tidak disediakannya Audio Jack 3.5mm, jadi kamu harus beli lagi Donglenya seharga $11.99. Expansi Micro SD pada Surface Pro X memang tidak disediakan, namun berhubung storagenya sudah besar jadi ini bukan menjadi masalah. Selain itu, kekurangan yang mungkin agak bermasalah bagi Anda yang mempertimbangkan warna dalam opsi pembelian adalah warna yang disediakan hanya ada satu warna yaitu Mate Black.

Harga Microsoft Surface Pro X

Harga Microsoft Surface Pro X
express.co.uk

Surface Pro X dengan spesifikasi paling rendah ( RAM 8 GB, dan 128 GB Storage) hadir dengan harga $999 dan itu belum termasuk Surface Pro X Keyboard dan Surface Slim Pen nya. Untuk mendapatkan kedua perangkat itu pelanggan dikenakan biaya tambahan sebesar $284.98 ($139.99 untuk Keyboard, dan $144.99 untuk Pen).

Berikut rincian harga

  • Microsoft Surface Pro X (Black, 8GB, 128GB) dibanderol dengan harga Rp 13.641.349 ($999)
  • Microsoft Surface Pro X (Black, 8GB, 256GB) dibanderol dengan harga Rp 17.737.850 ($1,299)
  • Microsoft Surface Pro X (Black, 16GB, 512GB) dibanderol dengan harga Rp 24.565.352 ($1,799)

Nah, itulah pembahasan Microsoft Surface Pro X yang bisa dibagikan. Setelah mengetahui informasi tersebut semoga menjadi pertimbangan dan memutuskan untuk membelinya, apakah spesifikasi tersebut memang yang diperlukan bagi anda atau tidak. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here